Header Ads

Pengertian dan Pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

Pengertian TOGA : Tanaman obat keluarga disebut demikian karena Toga adalah singkatan dari tanaman obat yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Pemanfaatan TOGA : untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupan, termasuk keperluan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan secra tradisional (obat). Kenyataan menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alami khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelanggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat. Pemanfaatan TOGA yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan keluarga menurut gejala umum adalah: Demam panas, Batuk, Sakit perut, dan Gatal-gatal.

Jenis tanaman yang harus dibudidayakan untuk tanaman obat keluarga adalah jenis-jenis tanaman yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

1.      Jenis tanaman yang lazim digunakan sebagai obat didaerah pemukiman.
2.      Jenis tanaman yang dapat tumbuh dan hidup dengan baik di daerah pemukiman baik dengan tabulapot (tanaman budi daya pot) atau tabulakar (tanaman budi daya pekarangan).
3.      Jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain misalnya: buah-buahan dan bumbu masak (apotek hidup dan warung hidup).
4.      Jenis tanaman yang hampir punah.
5.      Jenis tanaman yang masih liar.
6.      Jenis tanaman obat yang disebutkan dalam buku pemanfaatan tanaman adalah tanaman yang sudah lazim di tanam di pekarangan rumah atau tumbuh di daerah pemukiman.

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh TOGA (Tanaman Obat Keluarga) beserta kegunaannya :

Lidah buaya  (Aloe Vera)
Lidah buaya  (Aloe Vera)

Sebagai obat penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit, dll.

 
Jeruk Nipis (Citrus aurantiifolia)

Jeruk Nipis (Citrus aurantiifolia)

Memutihkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan noda hitam diwajah,menghilangkan bau badan,dan untuk diet




Kumis kucing  (Orthosiphon Aristatus)

Untuk menghilangkan panas dan lembab, infeksi ginjal, peluruh air seni,infeksi kandung kemih,encok dan sakit kencing batu



Kencur  (Kaempferia galangal)

Mengobati radang lambung, menghilangkan lelah, radang anak telinga, memperlancar haid, menghilangkan darah kotor, masuk angin, influenza pada bayi, sakit kepala, dll



Jahe  (Zingiber Officinale)

Membangkitkan nafsu makan, melancarkan asi, mengobati batuk, perut kembung,mulas, sakit kepala, dll.



Serai  (Cymbopogon Citeratus)

Untuk diabetes, anti kanker, anemia, membersihkan bakteri dan infeksi jamur, anti septik, sebagai minyak angin, menurunkan berat badan, tekanan darah tinggi,dll.



Lengkuas/laos (languas Galanga)

Untuk penyakit kulit, obat tetes telinga, obat gosok, pelancar kemih, obat penguat empedu, rematik, menambah nafsu makan, kaki encok, rematik, dll.



Sirih merah (Piper ornatum)

Untuk obat mimisan, obat sariawan, obat luka bakar ringan, obat mata merah, obat gusi berdarah, obat sakit maag, obat darah tinggi, dll


Cabe jawa (Piper retrofractum)

Untuk masuk angin, membersihkan rahim setelah melahirkan, pencernaan terganggu, batuk,sakit gigi, demam, dll.



Cabe rawit (Capsiun frutescens)

Untuk jantung , memperlancar aliran darah, anti rematik, menghancurkan bekuan darah (antikoagulan), meningkatkan nafsu makan, perangsang kulit,dll.



Temu Kunci (Boesenbergia Rotunda)

Mengobati sariawan serta panas dalam, mengobati masuk angin, perut kembung, melancarkan air seni, mengatasi penyakit kulit, mencegah sel tumor atau kanker, penambah tenaga dan stamina tubuh,dll.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.