Header Ads

Apa itu Akupresur ?


Akupresur adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian tekanan lembut namun bertenaga pada bagian tertentu pada tangan dan kaki (terkadang termasuk pergelangan tangan) yang berhubungan dengan bagian tubuh yang mungkin sakit atau merasa sakit. Tindakan ini merupakan jenis terapi yang menggunakan titik refleksi yang berasal dari negara Tiongkok lebih dari 4.500 tahun lalu.

Beberapa orang cenderung menyamakan akupresur dengan akupuntur. Sebenarnya, keduanya merupakan hal sama pada prinsipnya. Keduanya berasal dari keyakinan bahwa tubuh memiliki qi atau chi (aliran energi), yaitu asal kekuatan dalam kehidupan. Dalam tubuh yang sehat, chi seharusnya beredar pada tubuh dengan bebas.

Namun, ada kalanya sirkulasi atau aliran energi terhenti atau terhalangi. Ketika hal ini terjadi, tubuh berada pada kondisi yang tidak seimbang, yang kemudian menyebabkan berbagai gejala seperti rasa sakit dan penyakit.

Akupresur dan akupuntur menggunakan metode yang berbeda dalam menangani kondisi tersebut. Akupuntur menggunakan jarum dengan ujung kecil yang dimasukkan ke dalam jalur di mana qi mengalir untuk menghilangkan sumbatan dan meningkatkan aliran energi.

Meskipun akupuntur telah terbukti bermanfaat dalam mengobati atau menangani rasa sakit dan migrain kronis, beberapa orang percaya akupresur lebih baik dalam hal keselamatan. Dengan akupuntur, jarum dapat menyebabkan paru-paru tertusuk atau meningkatkan risiko infeksinya. Meskipun begitu, hal tersebut lebih mungkin terjadi ketika ahli akupunturnya tidak terlatih dengan baik atau tidak berpengalaman.

Dalam akupresur, jari lah yang digunakan. Namun, pihak lain mengartikan akupresur sebagai pemberian tekanan pada trigger point. Hal ini berarti benda seperti bola pemberat yang ditempelkan pada pergelangan tangan juga mungkin digunakan. Pihak lain juga memanfaatkan jalur berbatu yang tidak rata atau tikar dengan tekanan untuk kaki.

Siapa yang Harus Menjalani Akupresur dan Hasil yang Diharapkan

Akupresur sangat cocok bagi orang-orang yang berada di bawah banyak tekanan/stress. Terapi titik refleksi dapat membantu meredakan ketegangan otot serta merelaksasikan tubuh, sehingga menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Terapi ini juga dapat dianjurkan bagi mereka yang memiliki sirkulasi darah yang buruk. Seringnya, ekstremitas, terutama pada kaki, mungkin juga terasa dingin bahkan pada suhu normal. Penekanan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Akupresur diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terapi ini dapat membantu proses detoksifikasi dengan memungkinkan sistem limfatik mengalirkan cairan yang dapat membawa sisa pernapasan atau sampah lainnya. Selain itu, dengan sirkulasi darah yang baik, nutrisi dapat mencapai sel dengan segera, di mana nutrisi dapat digunakan untuk fungsi metabolisme yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup.

Pihak lain telah mengklaim bahwa tindakan ini dapat membantu penurunan berat badan, meningkatkan kesuburan, dan sebagai anti penuaan karena tindakan ini meningkatkan kualitas dan kecerahan warna kulit.

Seperti halnya akupuntur, akupresur juga dapat sangat membantu pengobatan dan penanganan baik sakit akut maupun kronis. Terapi ini dapat bekerja diantaranya melawan migrain, sakit kepala yang beragam, kram perut, dan leher kaku.

Akupresur tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat merangsang kontraksi rahim prematur. Siapapun yang telah didiagnosis dengan penyakit atau kondisi seperti kanker harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hasil dari akupresur beragam tergantung pada beberapa faktor seperti tingkat keparahan kondisi, penyakitnya, usia pasien, dan tingkat keahlian terapis. Terapi ini dianggap efektif untuk menangani sakit dan gejala seperti mual dan sakit kepala.

Mungkin diperlukan beberapa sesi sebelum hasil yang diinginkan dapat tercapai. Terdapat juga waktu ketika terapi ini tidak menyembuhkan gejala atau penyakitnya namun mungkin membantu penyakitnya agar lebih mudah dikelola. Akupresur dapat dilakukan bersamaan pengobatan alternatif lainnya seperti reiki, tai chi, dan akupuntur.

Cara Kerja Akupresur

Akupresur sering dilakukan di klinik dan dilakukan bersamaan dengan terapi lain seperti terapi pemijatan. Terapi ini dimulai dengan konsultasi awal di mana pasien memberitahukan daerah sakit dengan spesifik sehingga ahil terapi dapat membuat pengobatan terapi lebih terarah. Kemudian, pasien akan diminta untuk duduk di kursi yang nyaman atau berbaring pada meja pijat.

Setelah itu, tindakan kemudian dimulai. Ahli terapi mungkin melakukan baik penguatan atau pengurangan energi. Langkah yang terakhir berarti bahwa penyumbatan energi dihilangkan sementara yang awal meningkatkan energi hingga dapat mempengaruhi titik refleksi.

Seringkali, jari dan terkadang kuku digunakan untuk menekan trigger point. Penekanannya dapat berlangsung sekitar 30 detik, meskipun beberapa pasien mungkin sudah merasa lega atau merasakan perubahan positif kurang dari 30 detik. Jika jarinya terlalu tebal, mungkin perlu menekan lebih lama atau menggunakan benda tumpul untuk melakukan tindakan dengan lebih efektif.

Seluruh proses dapat berlangsung sekitar satu jam, setelah itu, baik pasien maupun ahli terapi melanjutkannya ke sesi pendiskusian hasil. Ahli terapi mengkaji efek langsung dari tindakan pada pasien sehingga penyesuaian dapat dilakukan dalam sesi berikutnya, jika ada.

Kemungkinan Risiko dan Komplikasi Akupresur


Sejauh ini, tidak ada risiko akupresur yang diketahui. Namun demikian, penting untuk diketahui bahwa teknik ini tidak diregulasi karena tidak ada badan yang menyediakan sertifikasinya. Namun, beberapa negara mungkin meminta praktisi terapi alternatif untuk lulus syarat pengobatan terapi terkait.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.