Header Ads

Lima Kebiasaan Ini Bisa Bantu Anda Tingkatkan Kesuburan

Kebiasaan Anda setiap hari, seperti seberapa cepat Anda tidur di malam hari, merokok, apa yang membuat Anda kehilangan berat badan dan lainnya, bisa memengaruhi kesehatan kesuburan Anda. Kelebihan lemak atau obesitas juga dapat menjadi salah satu penyebab yang memengaruhi kesuburan lelaki.

Penelitian Harvard menemukan, lelaki dengan kelebihan berat badan dan obesitas lebih mungkin memproduksi sperma dalam jumlah yang lebih rendah, atau bahkan tidak menghasilkan sperma sama sekali, dibandingkan dengan rekan mereka yang memiliki berat badan normal.

"Bobot yang tidak sehat mengikis jumlah sperma, bentuk, kecepatan dan susunan sel tubuh Anda. Semuanya bisa menjadi alasan untuk lelaki agar dapat mempertahankan berat badan yang sehat," kata Anderson-Bialis.
Nah, jika Anda sudah siap menjadi seorang ayah, simak beberapa kebiasaan berikut yang bisa meningkatkan kesuburan seperti dilansir dari MensFitness:

Dapatkan Banyak Vitamin (seperti B9) dan Mineral dalam Diet Anda

Alasan lain untuk mengonsumsi bayam dan makanan tinggi folat setiap hari adalah karena lelaki dengan tingkat B9 lebih tinggi cenderung memiliki bayi sehat. Asam folat adalah vitamin B9, yang membantu tubuh Anda menciptakan dan memelihara sel baru. Begitulah cara Anda menghasilkan sel darah merah, dan ya, sperma. Cobalah untuk mendapatkan lebih banyak sayuran hijau berdaun (kangkung, bayam), buah-buahan (alpukat, jeruk, pisang), kacang-kacangan, bahkan sereal ke dalam makanan Anda.

Cukup Tidur
"Jika Anda tidur 7-9 jam semalam, Anda tidak hanya beristirahat dengan baik, tapi juga bisa membuat Amda memiliki jumlah sperma yang lebih sehat daripada lelaki yang memiliki masalah tidur," kata Anderson-Bialis.
Untuk menaruhnya dalam perspektif, lelaki yang tidur empat jam setiap malam memiliki kadar testosteron di pagi hari 200-300, dibandingkan dengan lelaki yang tidur delapan jam semalam yang memiliki kadar 500-700. Testosteron tidak hanya penting untuk membangun kekuatan, massa otot, dan kepadatan tulang. Hal ini dapat memengaruhi kesejahteraan, semangat, mood, dan libido Anda.

Minum Kopi, Tidak Terlalu Banyak
"Minum kopi secukupnya dapat membantu Anda fokus, menurunkan risiko penyakit tertentu dan mungkin membuat Anda lebih subur daripada rekan Anda yang mengkonsumsi beberapa cangkir kopi setiap hari," kata Anderson-Bialis. Sekitar 200 sampai 300mg kafein sehari dianggap aman untuk lelaki yang menjalani program kehamilan bersama pasangan.

Buat Mr. P selalu dingin
Anda sering mendengar ini dan ini jelas bukan mitos. Alasan testis Anda berada di luar tubuh, adalah karena sperma berkembang paling baik pada suhu yang beberapa derajat lebih dingin daripada suhu tubuh internal rata-rata Anda. Pakailah pakaian dalam yang longgar dan jauhkan ponsel Anda dari saku Anda, saran Anderson-Bialis.

Rencanakan Latihan Outdoor Anda dengan Cerdas
Periksa laporan kualitas udara dan berolahraga di luar saat udara kurang tercemar.
"Paparan asap secara umum, dan asap diesel secara khusus, dapat menyebabkan mutasi dramatis pada sperma dan kualitasnya," kata Anderson-Bialis.

Jika Anda tinggal di kota, ini bisa sangat rumit. Naik sepeda dari jalan raya ke jalan raya utama, berjalanlah di pagi hari saat ozon rendah (lebih baik melakukannya setelah hujan), atau pertimbangkan mengendarai mobil listrik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.